Kesejahteraan karyawan merupakan salah satu faktor yang membentuk reputasi baik perusahaan di mata publik, klien, maupun kompetitor. Berbagai langkah pun dilakukan agar SDM tetap produktif selama di tempat kerja tanpa membuat mereka tertekan. Mulai dari memberikan gaji yang sepadan dengan skill hingga menyediakan fasilitas perlindungan seperti asuransi karyawan.
5 Langkah Meningkatkan Loyalitas Karyawan kepada Perusahaan
Adapun langkah-langkah lain yang dapat perusahaan lakukan untuk meningkatkan loyalitas agar tingkat kesejahteraan mereka terjaga berdasarkan situs Ekrut dan situs Daya, antara lain:
1. Ciptakan lingkungan kerja yang baik
Jangan remehkan kebersihan dan kerapian sebuah tempat kerja. Faktor ini sangat berpengaruh terhadap level produktivitas kerja dan pandangan pekerja tentang perusahaan. Kelengkapan fasilitas juga menentukan kenyamanan mereka selama beraktivitas. Misalnya saja dengan menyediakan toilet dan pantry yang terawat. Perusahaan pun perlu memberikan pemeliharaan berkala supaya karyawan tetap betah bekerja.
2. Kurangi stres dan tekanan pada karyawan
Budaya lembur yang dijumpai di sejumlah perusahaan masih dianggap sebagai wujud dedikasi tinggi karyawan. Kenyataannya, bekerja di luar waktu yang ditentukan tanpa mendapatkan fee atau bayaran tambahan akan membuat karyawan mudah stres dan tertekan. Untuk itu, kalau memang tak diperlukan, batasi jam lembur dan efektifkan jam kerja yang sudah ditentukan. Ingat, karyawan membutuhkan waktu beristirahat yang kelak akan mempengaruhi produktivitas mereka.
3. Berikan promosi di waktu yang tepat
Karyawan mana yang tak senang dipromosikan? Meski dapat membuat mereka lebih semangat bekerja, mempromosikan karyawan harus dilakukan di waktu yang tepat. Perhatikan kemampuan dan performa mereka selama bekerja, lalu diskusikan dengan pihak lain mengenai kemungkinan mereka apabila dipromosikan. Pasalnya, peluang tersebut dapat mendorong karyawan berprestasi atau malah mengacaukan perusahaan kalau ternyata kurang kompeten.
4. Aplikasikan sistem manajemen yang sesuai
Direksi bertanggung jawab dalam mengaplikasikan sistem manajemen yang sesuai agar karyawan dapat betah selama mengerjakan tugas-tugasnya. Sistem manajemen juga yang akan membantu perusahaan memenuhi hak karyawan secara optimal. Akan lebih bagus kalau perusahaan dapat memberikan training atau pelatihan sesuai bidang karyawan agar kualitas mereka sebagai SDM semakin tak tertandingi.
5. Tumbuhkan kepercayaan diri karyawan
Selain manajemen dan perlakuan buruk, ada faktor lain, yaitu rendahnya kepercayaan diri, yang membuat karyawan kurang betah bekerja. Hal ini sering dijumpai pada karyawan baru yang belum pernah terjun ke dunia kerja. Untuk menumbuhkan kepercayaan diri mereka, perusahaan dapat memberikan apresiasi terhadap kinerjanya, memberikan arahan apabila mereka melakukan tindak kesalahan, hingga mendukung pemikiran dan ide kreatifnya.
Khusus untuk proteksi jiwa dan kesehatan, Anda dapat percayakan asuransi karyawan dari PT FWD Insurance Indonesia (“FWD Indonesia”) yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. Pasalnya, produk yang mereka tawarkan memiliki berbagai manfaat seperti rekanan dengan lebih dari 1.000 klinik dan rumah sakit hingga cek polis dan mengajukan klaim secara online yang memudahkan akses berbagai layanan.